Senin, 17 Maret 2014

Peran Komunikasi Dalam Organisasi

Nama : Firda Ramadhan Putra
Kelas  : 2Ka03
Matkul : Teori Organisasi Umum 2#

Peran Komunikasi Dalam Organissasi

1.  Pengertian Komunikasi
  • Kata Komunikasi diambil dari bahsa latin "communicatus" yang berarti berbagi atau milik bersama yaitu usaha yang memiliki usaha dan tuijuan bersama
  • Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui mediaa)
  • John R. Schemerhorn ( Managing Organizational Behavior) Komunikasi itu dapat diartikan sebagai proses antar pribadi dalam mengirim dan menerima simbol-simbol yang berarti bagi kepentingan mereka 

2. Jenis dan Proses Komunikasi

Komunikasi dibagi menjadi komunikasi  Formal dan komunikasi informal, Komumikasi formal biasanya terdapat dalam rapat, dan penggunaan bahsa yang baik sangat lah penting, sedangkan komunikasi informal seperti kita sedang berbicara dengan tetangga ataupun kerabat dan juga komunikasi informal tidak mengikuti garis otoritas dalam suatu organisasi
  • Dari segi sifatnya :
           a. Komunikasi Lisan
               komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara
               contoh: presentasi
           b. Komunukasi Tertulis
               komunikasi melalui tulisan
               Contoh: email, chatting
          c. Komunikasi Verbal
               komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
              contoh: curhat
           d. Komunikasi Non Verbal
               komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)
               contoh: seseorang yang nerves (gemetar)

  • Dari segi arahnya :
            a. Komunikasi Ke atas
                komunikasi dari bawahan ke atasan
            b. Komunikasi Ke bawah
                komunikasi dari atasan ke bawahan
            c. Komunikasi Horizontal
                komunikasi ke sesama manusia / setingkat
            d. Komunikasi Satu Arah
                pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
            e. Komunikasi Dua Arah
                berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi

  •  Menurut Lawannya :
             a. Komunikasi Satu Lawan Satu
                 berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya
                 contoh: berbicara melalui telepon
             b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
‏                 berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok
                 Contoh: kelompok satpam menginterogasi maling
             c. Kelompok Lawan Kelompok
                 berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain
                 Contoh: debat partai politik

3. Komunikasi Efektif 

Salah satu dari proses komuniasi adalah komunikan yaitu orang yang mendengarkan dan memberi respon,
Untuk mencapai komunikasi efektif yaitu dibutuhkan 
- Komunikator (orang yang berkomunikasi )
- Komunikan ( Penerima Pesan)
- Pesan
- Saluran Komunikasi 
- Proses Penerjemahan Pesan
- Lingkungan Komunikasi

4, Implikasi Manajerial 

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
  • Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
  • implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daftar Pustaka ::
http://id.wikipedia.org/wiki/Implikasi
http://www.notesdesk.com/notes/business-communications/types-of-communication/
http://www.manajemenperusahaan.com/komunikasi-dalam-organisasi/
Rakhmat, Jalaludin.(2005). Psikologi Informasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sri Nawangsari, SE. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Gunadarma





Tidak ada komentar:

Posting Komentar