Kelas : 2Ka03
Matkul : Teori Organisasi Umum 2#
Peran Komunikasi Dalam Organissasi
1. Pengertian Komunikasi
- Kata Komunikasi diambil dari bahsa latin "communicatus" yang berarti berbagi atau milik bersama yaitu usaha yang memiliki usaha dan tuijuan bersama
- Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui mediaa)
- John R. Schemerhorn ( Managing Organizational Behavior) Komunikasi itu dapat diartikan sebagai proses antar pribadi dalam mengirim dan menerima simbol-simbol yang berarti bagi kepentingan mereka
2. Jenis dan Proses Komunikasi
Komunikasi dibagi menjadi komunikasi Formal dan komunikasi informal, Komumikasi formal biasanya terdapat dalam rapat, dan penggunaan bahsa yang baik sangat lah penting, sedangkan komunikasi informal seperti kita sedang berbicara dengan tetangga ataupun kerabat dan juga komunikasi informal tidak mengikuti garis otoritas dalam suatu organisasi
- Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan
komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara
contoh: presentasi
b. Komunukasi Tertulis
komunikasi melalui tulisan
Contoh: email, chatting
c. Komunikasi Verbal
komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
contoh: curhat
d. Komunikasi Non Verbal
komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)
contoh: seseorang yang nerves (gemetar)
- Dari segi arahnya :
a. Komunikasi Ke atas
komunikasi dari bawahan ke atasan
b. Komunikasi Ke bawah
komunikasi dari atasan ke bawahan
c. Komunikasi Horizontal
komunikasi ke sesama manusia / setingkat
d. Komunikasi Satu Arah
pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
e. Komunikasi Dua Arah
berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
- Menurut Lawannya :
a. Komunikasi Satu Lawan Satu
berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya
contoh: berbicara melalui telepon
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok
Contoh: kelompok satpam menginterogasi maling
c. Kelompok Lawan Kelompok
berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain
Contoh: debat partai politik
3. Komunikasi Efektif
Salah satu dari proses komuniasi adalah komunikan yaitu orang yang mendengarkan dan memberi respon,
Untuk mencapai komunikasi efektif yaitu dibutuhkan
- Komunikator (orang yang berkomunikasi )
- Komunikan ( Penerima Pesan)
- Pesan
- Saluran Komunikasi
- Proses Penerjemahan Pesan
- Lingkungan Komunikasi
4, Implikasi Manajerial
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
- Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
- implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daftar Pustaka ::
http://id.wikipedia.org/wiki/Implikasi
http://www.notesdesk.com/notes/business-communications/types-of-communication/
http://www.manajemenperusahaan.com/komunikasi-dalam-organisasi/
Rakhmat, Jalaludin.(2005). Psikologi Informasi. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Sri Nawangsari, SE. 1997. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar