Kamis, 09 Oktober 2014

Latihan dan Tugas Mandiri B.Indonesia 1

10. Buatlah paragraf analisis eksplositoris yang di susun dengan deduksi ilmiah. Panjang karangan 5 paragraf. Diskusikan jawaban anda bersama teman anda untuk menghasilkan jawaban yang sempurna.
Jawab :
     
         Bipolar disorder adalah salah satu kelainan jiwa yang ditandai dengan seringnya pasien berubah perasaan yang saling bertolak belakang secara mendadak. Jika dijabarkan secara sederhana pengertian bipolar disorder adalah munculnya perasaan berbeda antara dua kutub yang bertentangan. Suasana hati buruk dan suasana hati baik, datang silih berganti dalam waktu yang berdekatan dan cepat, tanpa ada pemicu sebelumnya. Misalnya dari sedih, mudah tersingguh, marah, dan depresi kemudian tiba-tiba berubah menjadi senang, bahagia dan gembira berlebihan, seakan tak ada masalah.

          Perasaan cepat berubah, ini membuat orang lain yang berada di sekitarnya, merasa bingung karena sikap penderita bipolar disorder ini. Secara sederhana bipolar disorder dapat dijelaskan sebagai perubahan mood (mood swings) yang sangat ekstrim.. Bipolar disorder termasuk ke dalam masalah kejiwaan dan juga digolongkan sebagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan otak.

          Faktor penyebabnya ada tiga, yakni karena masalah genetic, faktor lingkungan, dan faktor fisiologi yakni karena terganggunya fungsi syaraf dan cairan keseimbangan di otak manusia. Pengidap kelainan jiwa ini rata-rata dialami oleh pekerja seni, dan penulis. Karena faktor pekerjaan yang menuntut stabilitas mood dan ketenangan jiwa, terkadang bisa memicu munculnya bipolar disorder. Pada satu saat mereka sangat produktif berkarya, tapi di lain waktu karena bad mood mereka melakukan tindakan kontra produktif.

          Langkah pertama dalam mendapatkan diagnosis yang benar adalah berbicara pada dokter, yang mungkin melakukan pemeriksaan fisik, wawancara, dan tes-tes lab. Penyakit bipolar tidak dapat diidentifikasi melalui tes darah atau scan otak, namun tes-tes ini dapat membantu menyampingkan faktor-faktor yang berkontribusi lainnya, seperti stroke atau tumor otak. Jika persoalan-persoalantidak disebabkan oleh penyakit-penyakit lain, dokter mungkin melakukan evaluasi kesehatan mental. Dokter/ ahli kesehatan mental harus melakukan evaluasi diagnostik yang komplit. Ia harus mendiskusikan riwayat keluarga dari bipolar atau penyakit-penyakit mental lain dan mendapatkan sejarah gejala-gejala sepenuhnya. Dokter/ ahli kesehatan mental harus juga berbicara dengan saudara-saudara dekat seseorang atau pasutri dan mencatat bagaimana mereka menggambarkan gejala-gejala dan sejarah medis keluarga.

         Sekarang ini, tidak ada penyembuhan untuk penderita bipolar. Namun perawatan yang benar membantu kebanyakan orang-orang dengan penyakit bipolar memperoleh kontrol yang lebih baik dari perubahan suasana hati mereka dan gejala-gejala yang berhubungan. Karena bipolar adalah penyakit seumur hidup dan berulang (kambuh), penderita perlu perawatan jangka panjang untuk mempertahankan kontrol terhadap emosinya. Rencana perawatan pemeliharaan yang efektif termasuk pengobatan dan psikoterapi untuk mencegah kekambuhan dan mengurangi keparahan gejala. Perawatan mungkin lebih efektif jika penderita bekerja sama dokter dan berbicara terbuka tentang kekhawatiran-kekhawatiran dan pilihan-pilihan mereka. Memerhatikan jejak perubahan suasana hati dan gejala-gejala dalam kehidupan sehari-hari juga dapat membantu dokter menilai kondisi penderita. Terkadang dokter mengubah rencana perawatan untuk memastikan gejala terkontrol dengan efektif dan pemberian dosis obat yang sesuai.
       
          Seperti penyakit-penyakit serius lain, bipolar dapat menjadi sulit untuk pasangan, anggota keluarga, dan orang yang berada di sekeliling penderita. Mereka sering harus mengatasi persoalan tingkah laku yang serius dari penderita, seperti tindakan bersenang-senang yang liar selama mania, penarikan diri yang ekstrim selama depresiatau pencapaian pekerjaan atau sekolah yang buruk. Perilaku ini dapat mempunyai konsekvensi sosial yang serius.
Hal pertama dan paling penting yang dapat Anda lakukan adalah membantu penderita mendapatkan diagnosis dan perawatan yang benar.
Untuk membantu teman atau saudara, Anda dapat:
  • ..Menawarkan dukungan emosional, pengertian, kesabaran dan memberikan semangat.
  • ..Belajar tentang penyakit bipolar, sehingga Anda dapat mengerti apa yang dialami teman atau saudara Anda.
  • .Bicara pada teman atau saudara Anda dan mendengarkan secara saksama.
  • .Dengarkan perasaan-perasaan yang diutarakan teman atau saudara Anda - mengerti tentang situasi-situasi yang mungkin mencetuskan gejala-gejala bipolar symptoms.
  • Undang teman atau saudara anda keluar untuk pengalihan-pengalihan yang positif, seperti berjalan-jalan, tamasya dan aktivitas lain.
  • Ingatkan teman atau saudara anda bahwa, dengan waktu dan perawatan, ia dapat menjadi lebih baik.
9. Buatlah paragraf dengan penalaran sebab-akibat, kesimpulan induktif, kesimpulan berupa perkiraan (ramalan).
Jawab :
          Akses internet sekarang sangat mudah di dapat. Hanya dengan mendaftarkan paket di handhpone saja kita sudah bisa berseluncur di dunia maya tanya batas. Hanya saja ada dampak buruk yang akan di dapat dari akses tanpa batas tersebut mulai dari pornografi, perjudia, perdagangan gelap, bahkan pencurian id kartu kredit. Menurut google konten yang sering kita akses di internet hanya merupakan 20% dari apa yang ada di internet. 80% nya lagi merupakan konten "gelap" atau yang biasa di sebut deep web, di dalam deep web anda akan terkejut dengan penjualan organ tubuh manusia, perdagangan obat - obatan terlarang dan lain - lain, Jika pemerintah tidak membatasi akses tersebut maka akan berdampak buruk pada remaja - remaja yang mengakses konten tersebut.

8.  Buatlah paragraf deduktif dengan kesimpulan inferensi (3-5 kalimat -+ 100 kata), Gunakan pola: pendapat-analisis-dukungan / pembuktian fakta 1- dukungan / pembuktian 2 – kesimpulan inferensi.
Jawab : 
          Kasus pencurian internet banking seakin marak.Banyak korban yang tidak menyadari internet banking mereka menjadi incaran para hacker. Mereka yang menjadi korban para hacker biasanya karena kelalaian mereka dalam melakukan transaksi secara online. Para pakar keamanan IT bank juga sudah melakukan pengamanan secara ketat dengan melakukan enkripsi atau pengsandian berlapis. Menurut ANHLAB pada tahun 2011 sangat gencar para hacker mengeksploit para pengguna internet banking kasus ini cukup sulit di tangani, sebagian dari korban telat menyadari bahwa rekening mereka telah di kuras habis oleh sang hacker. Sangat disayangkan lagi - lagi user terlalu lengah dalam bertransaksi online, user tidak mengganti password secara berkala dan juga menggunakan jaringan yang aman yang bersifat private bukan publik. Agar hal serupa tidak terjadi pada kita, maka gunakan protokol / jaringan yang aman untuk bertransaksi online (HTTPS), dan juga jangan gunakan koneksi publik seperti wireless untuk mengakses internet banking anda.

7.  Buatlah paragraf induktif dengan kesimpulan implikasi (3-5 kalimat -+ 100 kata), Gunakan pola pemecahan masalah : pernyataan maksud – deskripsi masalah – tujuan – cara mencapai tujuan - dukungan/kekuatan – kelemahan – alternatif – kesimpulan implikasi.
Jawab :
         Hacking adalah sebuah tindakan masuk kedalam sebuah sistem dan mengendalikan bahkan menghancurkan sistem tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan sebuah sistem dapat di ekspolit atau di manfaatkan oleh para hacker, seperti mengabaikan update sistem. Di Indonesia banyak sistem yang masih sangat rentan untuk di eksploit kelemahanya. Padahal Indonesia termasuk Negara dengan populasi dan lalu lintas hacking yang sangat besar di Asia dan menurut situs zone-h hacker Indonesia sangat aktif dalam mengeksploit semua sistem website di dunia, dan masuk dalam kategori atas. Jumlah tersebut sangatlah fantastis, jika pemerintah bisa memberdayakan dan mengasah skill mereka lebih dalam maka sistem IT kita akan dilindungi orang – orang yang berkompeten di bidangnya, bukan malah memanggil ahli IT dari luar negeri.
          
6.  Buatlah paragraf yang dimulai dengan proposisi tersebut berikut ini.
  1. Jika tekat sudah bulat, Indonesia pasti akan dapat mengembangkan industri mobil dalam negeri. Hal ini dapat di buktikan dengan adanya mobil esemka yang di buat oleh pelajar-pelajar di solo
  2. Setiap orang berakhlak pasti antikorupsi karena hanya motivasi atau keinginan dari diri sendiri yang dapat mencegah seseorang untuk melakukan korupsi.
Jawab :
           Jika tekad sudat bulat, Indonesia pasti dapat mengembangkan industri mobil dalam negeri. Jika Indonesia serius dalam mengembangkan industri mobil dalam neger, maka pendapatan indonesia akan bertambah. Disamping itu Indonesia juga dapat mengeksport mobil buatan dalam negeri ke luar negeri. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah masalah SDM atau sumber daya manusia, dengan memanfaatkan SDM yang berkualitas dapat dipastikan juga produk mobil yang berkualitas dan dapat bersaing dengan produsen mobil import. Pembentukan SDM berkualitas dapat diarahkan sejak dini, dengan menjuruskan minat dan keahlian para siswa pelajar

          Setiap orang berakhlak pasti antikorupsi karena akhlak adalah dasar sikap atau perilaku manusia. Orang yang memiliki akhlak yang baik akan sangat berat untuknya melakukan sesuatu yang merugikan orang lain maupun dirinya sendiri. Begitupun dengan orang yang tidak memiliki akhlak yang baik, dia tidak akan segan - segan untuk melakukan hal - hal yang tercela jika itu menguntungkan untuk dirinya sendiri dan juga kelompoknya. 
          
5. Buatlah paragraf induktif yang diakhiri dengan kalimat proposisi positif universal.
Jawab :

          Sejak peristiwa penembusan situs TNP KPU) polisi beserta tim asistensinya langsung bekerja untuk menemukan pelakunya. Langkah pertama yang dilakukan tim perburuan ini adalah menengok log server KPU. Ketika log tersebut pertama kali diserahkan kepada polisi, sudah langsung kelihatan nicknamenya Dani Firmansyah dengan asal kota Yogyakarta. Langkah berikut yang dilakukan adalah melakukan cek silang ke data pemilih Pemilu dimana juga berhasil ditemukan nama Dani Firmansyah di kota Yogyakarta. Kesimpulan awal, polisi dan tim memiliki keyakinan hacker ini berasal dari Yogyakarta dan beraksi dari Kota Gudeg itu. Polisi dapat mengatahui lokasi pria ini dengan mencocokan atau melacak alamat IP pria ini. Kemampuan Dani Firmansyah memang sangat hebat dia mampu menembus system keamanan dari server KPU yang sudah di perketat Firewall dan juga pengacak sandi berlapis. Bila orang seperti Dani Firmansyah di biarkan dan tidak di berdayakan atau diarahkan kemampuanya maka akan menjadi sangat berbahaya di dunia internet. Pemerintah seharusnya membimbing orang – orang seperti Dani ini. Karena jika kemampuan dan potensis seseorang maka orang tersebut akan sangat mengalami kemajuan.

4. Baca paragraf berikut ini. Tentukan (1) proposisi, (2) penalaran yang digunakan, (3) pembuktian,  (4) hasil pembahasan , dan (5) jenis kesimpulan.

         (1) Sebagai mobil sport yang bertenaga besar, Nisan 350Z layak mewakili produk Nisan yang dikenal sebagai mobil bertenaga besar dan tangguh. (2) Nisan 350Z menyandang mesin berkapasitas 3,5 liter, 6 silinder dalam konfigurasi V(V6), 24 katup (4 katup per silinder, continuouosly variable valve timing (CVVT), yang menghasilkan daya maksimum 287 PK ( partdekracht, tenaga kuda pada 6.200 putaran mesin per menit (rpm) dan torsi maksimum 363 Nm (Newton-meter) pada 4.200 rpm. (3) Daya dan torsi sebesar itu diteruskan keroda melalui pernelling otomatik dengan 5 tingkat kecepatan yang dilengkapi denga manual shift mode lazim disebut tiptronic. (4) Akselerasinya cukup signifikan. (5) Kecepatan 100 kilometer perjam dari posisi berhenti dicapainya dalam waktu 6 detik.           (7) Greg Wilsin (ahli otomotif) menguji coba mesin Nisan 350Z, (Majalah Otomotif Online Canadiandriver), menyebutkan penilaiannya bahwa pada saat mendekati 5.000-6.000 rpm suara raungan mesin menerobos kabin. (8) Suara raungan itu tidak mengganggu, bahkan menimbulkan kesan macho. (9) Suara raungan itu justru memberikan perasaan akan besarnya kekuatan mesin berkapasitas 3,5 liter itu.(10) Mobil seharga Rp.885 juta itu seakan menawarkan kenyamanan, kemewahan, dan keperkasaan. (Kompas, 24 Juli 2003).
Jawab:
  1. Proposisi                :  Proposisi Empirik
  2. Penalaran               :  Deduktif
  3. Pembuktian            : Kalimat No. 5
  4. Hasil Pembahasan  : Kalimat No.7
  5. Jenis Kesimpulan   : Kesimpulan Implikasi
3. Tentukan Jenis proposisi kalimat berikut ini.
Jawab :
  1. Jumlah sudut segi empat yaitu 360◦. (Propsisi Empirik)
  2. Suhu badan orang sehat yaitu (Proposisi Empirik)
  3. Volume benda adalah sebesar cairan yang dapat dipindahkan.(Proposisi Empirik)
  4. Manusia adalah makhluk yang berakal budi. (Proposisi Empirik)
  5. Semua makhluk bernyawa akan merasakan mati. (Proposisi Positif universal)
  6. Jika volume penjualan X meningkat, laba usaha akan meningkat.(Proposisi Hipotetik)
  7. Industri mobil nasional dapat berkembang jika pemerintah mengarahkan dan mengendalikanya. (Proposisi Kategoris)
  8. Sebagian orang memilih kehidupan di dunia sebagai tujuan akhir.(Proposisi Positif Parsial)
  9. Sebagian orang tidak bekerja pada malam hari. (Proposisi Positif Parsial)
  10. Tidak sedikitpun orang makan daging kucing.(Proposisi Mutlak)
2. Sebutkan unsur - unsur yang membentuk sebuan penalaran.

Jawab :   
  • Topik.
  • Dasar Pemikiran.
  • Proposisi.
  • Proses berpikir ilmiah.
  • Logika.
  • Sistematika.
  • Permasalahan
  • Variabel.
  • Analisis.
  • Pembuktian.
  • Hasil.
  • Kesimpulan.
1. Jelaskan pengertian penalaran karangan.
Jawab :
Penalaran karangan mempunyai beberapa pengertian :
  • Proses berfikir logis, sistematis , terorganisasi dalam urutan yang saling berhubungan sampai simpulan.
  • Menghubungkan fakta atau data sampai dengan suatu simpulan.
  • Proses menganalisis suatu topik sehingga menghasilkan suatu simpulan atau pengertian baru.
  • Dalam karangan terdiri dua variabel atau lebih, penalaran dapat diartikan mengkaji, membahas atau menganalis dengan menghubung - hubungkan variabel yang dikaji sampai menghasilkan suatu derajat hubungan dan simpulan.
  • Pembahasan suatu masalah sampai menghaslkan suatu simpulan yang berupa pengetahuan atau pengertian baru


--------------------------------------------------------------
Daftar Pustaka :
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/apa.itu.bipolar.disorder/005/005/427
http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/bipolar.disorder.apa.itu/001/007/656

Tidak ada komentar:

Posting Komentar