Minggu, 28 Desember 2014

Resensi Buku

Judul Buku : Teknologi Tepat Guna & Dunia Alternatif
Penulis : Nao Tanaka
Penerbit : PT.Bhuana Ilmu Populer
Cetakan : 2014
Bahasa : Indonesia
Kategori : Science
Jumlah Halaman : 181




PENULIS :
Dr. Nao Tanaka lahir di Tokyo, setelah menyelesaikan studi di bidang Applied chemistry di Universitas Tokyo. Beliau bekerja di perusahaan minyak refining, daur ulang limbah sebagai kepala insinyur. Beliau mengambil S3 di Univ Tohoku di bidang Bio Chemstry, dan mendirikan LSM APEX. Beliau juga telah menulis beberapa buku diantaranya buku ini.

SINOPSIS :
Besar kemungkinan dalam beberapa dasawarsa ke depan akan terjadi peristiwa yang mengakibatkan katastrofa (malapetaka) di dunia. Namun belum diketahui penyebanya apakah karena perbuahan lingkungan ekosistem secara global maupun lokal. Keterbatasan sumber daya pangan air, bahan bakar fosil serta mineral dan sebagainya.Pada 11 maret 2010 bagian timur Jepang tiba - tiba dilanda gempa dan tsunami yang dashyat. Dalam kasus ini PLTN Fukushima mengalami dampak yang sangat serius. Namun kecelakaan nuklir 11 Maret 2010 dapat dihindari jika masyarakat Jepang memilih sumber daya yang dapat dikendalikan manusia
Kecelakan yang terjadi di PLTN Fukushoima memicu respons serius dari berbagai pihak baik internal maupun internasional. Jerman menunjukan reaksi yang paling positif dengan menyatakan akan menghapus PLTN di negaranya sebelum 2020. Juga gerakan - gerakan berbagai negara menuju abolisi PLTN , pengurangan PLTN, dan mengembangkan energi terbarukan dengan konservasi energi yang tepat.Dan bisakah kita hidup nyaman tanpa PLTN?...

KELEBIHAN BUKU :
  • Buku ditulis berdasarkan fakta dan penelitian yang sudah dilakukan
  • Mengulas banyak dampak buruk dan membeberkan masalah yang akan terjadi
  • Buku dengan harga yang relatif murah
KEKURANGAN BUKU:
  • Desain yang kurang menarik dan terkesan monotone.
  • Bahasa yang digunakan sedikit menggunakan bahasa ilmiah
-------------------------------------------------------------------------------------------------------


Judul Buku : Teknologi Proses Pengolahan Air
Penulis : Prof. DR.Ing. Ir. Suprihatin & Dr. Ir. Ono Suparno, M.T.
Penerbit : PT.Bhuana Ilmu Populer
Cetakan : 2013
Bahasa : Indonesia
Kategori : Science
Jumlah Halamah : 406




PENULIS :
Suprihatin berasal dari Desa Bendu, Kelurahan Jimbung, Klaten, Jawa Tengah. Saat ini penulis dipercaya sebagai Kepala Bagian (Laboratorium Keilmuan) Teknik dan Manajemen Lingkungan dan sejak 2010 mendapat jabatan sebagai Guru Besar (Profesor) di bidang Teknik dan Manejemen pada Fakultas Teknologi Pertanian IPB.
Ono Suparno lahir di Panawangan, Ciamis, Jawa Barat pada 3 Desember 1972, beliau yang pernah memperoleh gelar S-3 di University of Leichester, Inggros dan pada tahun  2005 memperoleh gelar Doctor of Philosophy (Ph.D)


SINOPSIS

Air merupakan kebutuhan pokok pada berbagai aktivitas manusia, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari hari , seperti minum, memasak, mencuci mandi dan sanitasi, air juga dibutuhkan dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan ekonomi seperti mall, industri, rumah sakit dsb. Jumlah kebutuhan air bersih berbeda - beda, untuk masing - masing kegiatan tersebut.
Seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan aktivitas ekonomi masyarakat, kebutuhan air juga mengalami peningkatan, baik dari sisi jumlah maupun mutu. Kebutuhan air spesisfik per kapita berbariasi dan dipengaruhi banyak faktorantara lain budaya atau kebiasaan, tingkat ekonimi, tingkat pendidikan, kesadaran lingkungan, kesadaran menggunakan air serta musim dan cuaca. Masyarakat AS menggunakan air bersih mencapai 296 1/ orang/hari, lebih banyak dibanding negara lain.
Air bersih untuk keperluan publik umumnya dipasok oleh Perusahaan Air Minum Pemerintah (PDAM). Hingga saat ini baru sebagian dari penduduk dapat memperoleh layanan PDAM tersebut akibat dari keterbatasan kemampuan perusahaan daerah tersebut. Untuk meningkatkan pelayanan di beberapa kota besar penyediaan air bersih di sediakan oleh pihak swasta yang bekerja sama dengan PDAM.
Sebelum digunakan dalam pengolahan makanan, air harus memenuhi syarat tertentu. Air sadah dapat mempengaruhi tekstur bahan baku. Besi mangan, atau sulfat dapat berdampak negatif pada warna atau rasa produk.

KELEBIHAN BUKU :
  • Disertai gambar / skema yang membuat jelas tulisan
  • Bahasa yang mudah cukup dicerna
  • Terdapat tabel konversi
  • Terdapat Glosarium kata - kata
KEKURANGAN BUKU :
  • Kurang menariknya gambar - gambar pendukung
  • Gambar tidak berwarna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar