Minggu, 21 Juni 2015

Bahasa Indonesia 2 #Tugas 1 (Pandangan Tentang Software Bajakan.)

Pandangan Tentang Software Bajakan. (tugas sunnah)

Software program / applikasi yang di jual di pasaran sangatlah mahal, tentunya hal tersebut sebanding dengan tingkat kesulitan membuat program tersebut. Hal ini lah yang membuat banyak orang berfikir dua kali untuk memakai software dengan license original. Sebagai contoh windows 7 Home Basic untuk singgle user di bandrol dengan harga 1,5 juta, Office 2010 profesional di bandrol dengan harga 4.2 juta, belum lagi software pendukung yang harus kita install di pc / laptop kita, seperti Anti virus, software download manager, software grafis seperti adobe photoshop yang juga memiliki harga sangat fantastis 1 license adobe photoshop cs5 v.12 di bandrol dengan harga 12juta rupiah.
Jika kita memiliki PC ataupin laptop maka harga yang di bayarkan untuk membeli semua licensi original maka harga tersebut jauh lebih mahal dari harga PC kita sendiri.
Saya tidak menampik bahwa membuat software bukanlah perkara mudah, wajar jika mereka perusahaan software memberi harga yang sepadan dengan kualitas produk mereka. Sebagian orang mungkin memandang pekerjaan menjadi programmer adalah perkara mudah, nyatanya tidak mereka harus bekerja keras untuk membuat bagaimana software tersebut berjalan dan tentunya user friendly.

Masyarakat yang tidak mampu menggunakan software berlisensi original mungkin dapat menggunakan software open source atau freeware karena software tersebut hanya butuh donasi dari kita, jika kita tidak memberi donasi pun tidak masalah. Hal lain yang membuat orang lain menggunakan software bajakan adalah terbatasnya fitur di dalam software freeware maupun open source. Saya tidak munafik bahwa menggunakan bajakan merupakan salah satu solusi yang salah, namun menurut pribadi saya, saya menggunakan bajakan hanya untuk proses belajar tidak untuk di perjual belikan. Tidak semua software yang ada di pc saya bajakan, sekiranya software / game tersebut saya suka, saya akan berusaha membeli lisensi original nya.

Melawan pembajakan itu sangatlah sulit, selama internet masih ada saya rasa pembajakan tidak akan pernah mati. Banyak web file sharing yang mengupload file bajakan,yang menjadi masalah adalah mereka yang mendownload software bajakan dan menjualnya kembali dengan harga yang sangat miring dari harga aslinya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar