Minggu, 21 Juni 2015

Bahasa Indonesia 2 #Tugas 2 (AR dan VR)

3. Perbedaan AR(augmented reality) dan VR (virtual reality) serta kelebihan dan kekuranganya

Augmented Reality menurut penjelasan Haller, Billinghurst, dan Thomas (2007), riset Augmented Reality bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang memperbolehkan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. (Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design).

AR dapat digunaka pada ponsel ber kamera, ketika kita mengarahkan kamera ponsel kita ke suatu objek maka akan muncul tampilan 3dimensi pada layar ponsel kita, sebelumnya kita harus menginstal applikasi AR tersebut.
Pada dasarnya AR sangat membantu dalam hal marketing pemasaran, seperti pemasaran rumah, konsumen hanya perlu datang ke gerai pemasaran dan sales mengeluarkan ponselnya yang telah terinstal AR produknya, kemudian mengarahkan kamera tersebut ke maker yang telah di sediakan, dan munculah gambar tipe - tipe rumah yang disediakan.

Kelebihan :
  • Cocok untuk applikasi di bidang pemasaran seperti penjualan mobil, properti rumah, motor dan alat - alat berat
  • Dapat di gunakan di ponsel ber kamera 
  • Objek 3 dimensi
Kekurangan
  • Pembuatan AR yang sangat detail memakan waktu yang lama
  • hanya berjalan pada maker tertentu

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatulingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Dewasa ini perkembangan VR sangat pesat, beberapa game pun dapat dimainkan dengan menggunakan teknologi VR seperti GTA 5. VR sendiri adalah teknologi yang seolah - olah kita berada di dalam permainan tersebut, kita dapat menggerakan anggota badan kita seperti tangan, maka karakter game tersebut akan melakukan hal yang sama dengan apa yang kita lakukan. Pada penggunaan VR di dalam game, kita dapat bermain game sekaligus berolahraga karena kita dipaksa untuk menggerakan anggota tubuh kita agar karakter dalam game tersebut ikut bergerak. VR tidak hanya diimplementasikan di bidang game saja. Simulasi pesawat terbang saat ini juga menggunakan teknologi VR

Kelebihan
  • Kita dapat membuat sebuah simulasi yang seolah - olah kita berperan di dalamnya
  • Kesempatan mengeskplorasi
Kekurangan
  • Perangkat VR sangat mahal
  • Media terbatas

Refrensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_mayai
http://www.it-jurnal.com/2014/05/Pengrtian-Augmented-Reality-AR.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar