Minggu, 21 Juni 2015

Bahasa Indonesia 2 #Tugas 2 (Pemblokiran Situs Islam Radikal)

2. Pemblokiran Situs Islam Radikal

Beberapa waktu lalu pemerintah memutuskan untuk memblokir jalan akses ke situs  yang dianggap radikal (Radikal / Radikalisme adalah suatu paham yang dibuat-buat oleh orang kafir yang benci dengan dengan umat islam). Di bawah ini adalah beberapa situs radikal yang akan diblokir oleh pemerintah :
1. arrahmah.com
2. voa-islam.com
3. ghur4ba.blogspot.com
4. panjimas.com
5. thoriquna.com
6. dakwatuna.com
7. kafilahmujahid.com
8. an-najah.net
9. muslimdaily.net
10. hidayatullah.com
11. salam-online.com
12. aqlislamiccenter.com
13. kiblat.net
14. dakwahmedia.com
15. muqawamah.com
16. lasdipo.com
17. gemaislam.com
18. eramuslim.com
19. daulahislam.com
20. mshoutussalam.com
21. azzammedia.com
22. Indonesiasupportislamicstate.blogspot.com


BNPT juga menetapkan  kriteria situs radikal antara lain :

  1. Ingin melakukan perubahan dengan cepat menggunakan kekerasan dengan mengatasnamakan agama. 
  2. Takfiri (mengkafirkan orang lain)Mendukung, menyebarkan dan mengajak bergabung dengan ISIS/IS
  3. Memaknai jihad secara terbatas
  4. Mendukung, menyebarkan dan mengajak bergabung dengan ISIS/IS
dari empat point diatas yang sering saya temui adalah poin nomor satu dan poin nomor dua. Daftar diatas hanyalah sebagian kecil yang terdeteksi oleh pemerintah, sangat banyak sekali situs - situs radikal di dunia internet.

  • Pada point pertama adalah melakukan perubahan dengan cepat menggunakan kekerasan dan mengatasnamakan agama, yang saya dapat tangkap adalah seperti orang - orang yang pro dengan khilafah dan selalu menyalahkan sistem pemerintahan di Indonesia, tidak hanya di beberapa situs radikal yang saya temui hal seperti ini, namun di jejaring sosial facebook saya sering menemui hal semacam ini juga
  • Mengkafirkan orang adalah hal yang sangat tidak patut untuk kita ucapkan. Mungkin anda pernah melihat 'seseorang' yang berbeda pendapat dan mereka berdebat, namun ketika orang tersebut berargumen dan tidak sependapat dengan pihak lainya (khususnya dalam hal agama) dengan mudah dia mengucapkan 'anda kafir', bukankan perbedaan itu indah? berbeda agama , suku, warna kulit adalah hal yang biasa jika kita bisa menyikapi hal itu dengan bijak dan open minded (berfikiran terbuka dan melihat dari segala sisi). Kita hidup di dunia dengan keyakinan yang beragam, hal yang sangat menggelitik apabila kita tidak bisa menerima hal yang berbeda di sekitar kita
Pada dasarnya pemblokiran situs ini hanya mengurangi pengunjung website tersebut, bukan benar - benar men-shutdown website tersebut. Sebenarya website tersebut masih dapat di akses dengan menggunakan proxy luar negeri yang dapat kita temukan di internet.

Refrensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Radikalisme
http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150401093434-185-43429/kriteria-situs-islam-radikal-versi-bnpt/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar